Sunday 14 May 2017

Backup/Transfer Database MySQL Dengan Cepat

Salah satu backup yang dapat dilakukan di MySQL adalah dengan mengcopy/mentransfer database ke Server cadangan. Secara logika cepat atau lambatnya proses backup dipengaruhi oleh ukuran database. Semakin besar database semakin lama proses backup dilakukan.

Berdasarkan pengalaman, backup MySQL tidak hanya dipengaruhi oleh besarnya database, namun juga Engine yang kita gunakan pada table. Terdapat beberapa Engine yang ada pada MySQL, namun yang sering digunakan adalah MyISAM dan InnoDB. InnoDB adalah engine terbaru yang dikembangkan, sehingga kedepannya MyISAM tidak akan disupport lagi oleh pengembang MySQL.

Berdasarkan pengalaman, untuk mempercepat copy/transfer data antar server, engine yang harus digunakan adalah MyISAM. Dari percobaan yang pernah dilakukan jika menggunakan Engine InnoDB dibutuhkan waktu 1 jam, sedangkan jika menggunakan engine MyISAM hanya dibutuhkan waktu 10 menit.

Note: Artikel ini mengabaikan maksud dari penggunaan InnoDB.

No comments:

Post a Comment

SQL Order By

SQL Order By digunakan untuk melakukan pengurutan data berdasarkan kolom tertentu. Sintak dasar dari SQL Order  By adalah: SELECT field1, fi...