Sunday 14 May 2017

Program Konversi Suhu dengan Pascal

Pernah mendengan kata-kata seperti Celcius, Fahrenheit, Reamur dan Kelvin???, mereka bukanlah nama-nama binatang apalagi nama tumbuh-tumbuhan..  he he, tetapi mereka merupakan satuan yang sering digunakan pada temperatur suhu. Jika anda pernah mendengarnya, Pernahkan anda melakukan konversi suhu dari suatu satuan ke satuan lainnya?.

Dalam tulisan ini saya mencoba untuk membuat sebuah program komputer yang dapat digunakan untuk mengkonversi suhu dari satu satuan ke satuan lainnya. Program saya buat menggunakan bahasa Pascal.

Bahasa Pascal merupakan bahasa yang didunia industri kurang banyak dipakai, tapi merupakan bahasa yang sangat banyak digunakan oleh instansi-instansi pendidikan untuk membangun kuda-kuda yang tangguh bagi seorang programmer.

Berikut adalah program Pascal yang saya gunakan untuk memecahkan persoalan konversi suhu. Satuan suhu yang saya libatkan hanya empat yaitu Celcius, Reamur, Fahrenheit dan Kelvin. Sebenarnya banyak satuan untuk temperatur yang dipakai dalam dunia ini, kebetulan cuma empat itu yang pernah saya pelajari dari pelajaran Fisika sewaktu duduk dibangku SMP.

OK.. sekarang masuk kebagian aplikasi, Secara teknis aplikasi akan meminta input Jenis dan Besar Temperatur Suhu yang akan dikonversi, jika jenis input suhu adalah Celcius, maka output program adalah satuan suhu dalam Reamur, Fahrenheit dan Kelvin. Jika jenis suhu adalah Reamur, maka output program adalah suhu dalam Celcius, Fahrenheit dan Kelvin, dst…

Versi Pascal yang saya pakai adalah Pascal versi Windows, tepatnya Pascal 1.5. Jika anda menggunakan Pascal for DOS / Turbo Pascal, silahkan ganti statement Uses WinCrt dengan Uses Crt dan diawal program utama ditambahkan dengan ClrScr.

No comments:

Post a Comment

SQL Order By

SQL Order By digunakan untuk melakukan pengurutan data berdasarkan kolom tertentu. Sintak dasar dari SQL Order  By adalah: SELECT field1, fi...