Sunday 14 May 2017

Belajar Mengetik 10 Jari Untuk Anak Kecil (< 5 Tahun)

Belajar mengetik 10 jari itu gampang-gampang susah. Kunci dasarnya adalah kemauan. Modal paling dasar adalah "bisa membaca", yang lebih memudahkan lagi adalah sudah mengenal keyboard dan letak-letak tombol pada keyboard. Nah.. bagaimana jika yang kita ajarkan adakah anak Tadika Mesra atau Teman Kanak-Kanak alias TK? Membaca saja masih ternsendat-sendat, pengetahuan tentang posisi tombol-tombol keyboard masih minim. Tentunya teknik pembelajarannya berbeda dengan orang dewasa.
Untuk melatih anak kecil, diperlukan kesabaran ekstra. Perlu kita gunakan strategi khusus. Berikut tahapan yang dapat dilakukan untuk melatih anak TK.

1. Tahap mengenal posisi tombol-tombol keyboard
Dalam tahap ini anak belum perlu diajarkan teknik 10 jari, yang ditekankan adalah mereka mulai mengetahui posisi tombol-tombol pada keyboard. Biarkan mereka mengetik dengan kedua jari telunjuknya, namun kita bagi antara telunjuk kanan dan telunjuk kiri. Pembagiannya seperti gambar berikut.
Tujuan utama dari tahap ini adalah agar si anak mengetahui dan familiar posisi huruf-huruf yang ada pada keyboard. Tahap ini bisa dilakukan selama 6 bulan.

Untuk latihan kita dapat menggunakan software MaxType Lite atau website 10fastfingers.com.




2. Tahap menerapkan posisi mengetik 10 jari
Setelah anak familiar posisi tombol-tombol pada keyboard, langkah selanjutnya adalah mengajarkan teknik dasar posisi tangan dalam mengetik 10 jari. Dalam mengetik anak masih boleh melihat keyboard namun mengetik harus menggunakan 10 jari. Penekanan utama dari tahap ini adalah mengajarkan posisi 10 jari. Mengapa anak masih boleh melihat keyboard? karena si anak masih terlalu kecil!.Konsistensi teknik 10 jari sangat ditekankan pada tahap ini.
Tahap ini kita lakukan selama 3 bulan, sampai sianak terbiasa menekan tombol dengan jari yang tepat walaupun masih melihat keyboard.

 Untuk latihan kita dapat menggunakan software MaxType Lite atau website 10fastfingers.com.





3. Tahap latihan mengetik 10 jari secara penuh
Setelah tahap 1 dan 2 dilalui dengan baik, target-target utama dicapai, tahap berikutnya adalah pembelajaran teknik mengetik 10 jari secara penuh. Walaupun tahap ini adalah tahap puncak, pembelajaran tidak akan menyulitkan asalkan tahap 1 dan 2 dilakukan dengan benar. Dalam tahap ini dilakukan pembiasaan mengetik dengan 10 jari tanpa melihat keyboard. Fokus mata hanya pada monitor. Bersadarkan pengalaman, tahap ini dilakukan selama 1 bulan. Semakin panjang waktu semakin cepat dan akurat teknik mengetiknya.

Catatan:
  • Buatlah pembelajaran itu menyenangkan
  • Anak kecil gerak motorik nya belum sesempurna orang dewasa
  • Pelatih harus mampu membangkitkan dan menjaga motivasi pebelajar

No comments:

Post a Comment

SQL Order By

SQL Order By digunakan untuk melakukan pengurutan data berdasarkan kolom tertentu. Sintak dasar dari SQL Order  By adalah: SELECT field1, fi...